Kamis, 24 Juli 2008

Membersihkan Kotoran Di Kuping Jangan Mengunakkan Korek Kuping!!!

dikutip dari forum sebelah.........

Banyak anggapan KOREK KUPING itu untuk membersihkan telinga dari kotoran..

Tapi sebenernya korek kuping itu justru BERBAHAYA...

Knapa? Bukannya korek kuping itu membersihkan telinga? Memang betul.. Korek kuping akan membuat kuping kita BENAR-BENAR BERSIH. Tetapi jangan salah.. telinga kita adalah bagian tubuh yang terdiri dari berbagai saraf yang rumit.. apabila kita mengorek bagian dalam maka otomatis saraf juga tertekan.. banyak akibat negatif yang bisa kita rasakan..
Seperti:

1. Wajah menjadi tidak simetris. Tidak secara langsung, tetapi bila proses saraf terus menerus tertekan maka (dalam waktu belasan tahun) saraf pengontrol otot wajah akan menjadi tidak seimbang dan menyebabkan wajah menjadi tidak simetris. Contohnya seperti kelopak mata yang beda sebelah, ini adalah hasil dari kita menekan saraf pengontrol otot wajah.

2. Apabila mengorek terlalu keras dapat melukai kulit dalam telinga. (sumpah rasanya sakit)

3. Secara tidak sadar kita telah membuang getah bening dari dalam telinga (yang berwana agak kekuningan) yang berfungsi untuk menangkap kotoran. Apabila getah tersebut dihilangkan maka kotoran akan mudah mengenai gendang telinga kita, dan mungkin dapat menyebabkan tuli. Dan getah bening tersebut BUKANLAH kotoran, itu memang diproduksi telinga (sama halnya seperti kelenjar yang berlendir yang ada di bagian dalam hidung kita yang berfungsi mengenali bau dan mentransfer ke otak informasi bau yang kita hirup). Apabila warna getah bening telah menjadi kemerahan artinya banyak kotoran yang telah tertangkap.

4. Apabila kita menekan bagian dalam atas telinga (dekat gendang telinga) dapat mengurangi fungsi pendengaran kita. karena di situ letak saraf yang mengatur ketajaman fungsi pendengaran

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga??

Tidak perlu dibersihkan, karena saat kotoran di telinga kita sudah banyak kotoran tersebut akan mengering dan keluar dengan sendirinya. dan kita tidak akan menyadari hal ini karena kotoran yang mengering keluar sedikit demi sedikit.
Kita dapat membantu membersihkan telinga dengan tissue hanya dengan mengusap bagian luar telinga untuk membersihkan dari daki dan membersihkan getah bening telinga yang keluar dari lubang telinga kita..

Ini info yang aku dapat dari dokter THT saat aku berobat ketika aku ngga sengaja mengorek kuping terlalu keras dan bagian dlam telingaku berdarah. Lalu dokternya juga memberi info seperti yang aku tulis diatas. N aku mau bagi2 d sini. Ya.. moga2 aja info ini berguna..

tambahan: ni ada 2 versi yg bagus buat bersihin kuping
> versi buatan ku:
bersihin persis seperti orang kemasukan air waktu berenang.. jai kpala dimiringin trus masukin air setetes, trus miringin ke arah lainnya biar keluar, trus elap pake tissue

> versi aman kata si bu dokter
pake cotton bud, carana dimasukin sampe 3/4 kapasnya masuk kedalem lubang, trus diputerr, trus keluarin lg.
jadi cuma buat bantu bersihin kotoran yg nempel di getah beningnya itu.
N yg penting ga ampe neken saraf yg ad di dalam lubang telinga



another saran"

Membersihkan kotoran telinga sebenarnya cukup sebatas daun telinga saja, tidak perlu sampai ke liang telinga. Mengapa? Karena telinga sudah memiliki mekanisme pembersihannya sendiri. Pada liang telinga, tepatnya di 1/3 bagian luar telinga yang berbulu, terdapat kelenjar minyak atau serumen. Ini berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, serangga, serta bakteri. Dalam keadaan normal kelenjar ini akan mengeluarkan minyak sedikit demi sedikit, meleleh keluar ke daun telinga. Limbahnya menyerupai kotoran yang liat atau lembek, namun akan mengering dengan sendirinya. Setelah kering, kelenjar tadi akan memproduksi minyak kembali. Demikian mekanisme kerjanya dalam membersihkan telinga secara alami. Tetapi kalau liang telinga terlalu sering dirangsang, kelenjar ini akan mengeluarkan minyak berlebihan yang justru kurang baik buat kesehatan telinga.

Yang perlu diperhatikan, bila Anda membersihkan dengan cotton bud jangan sampai ke liang telinga. Kalau sampai ke liang telinga, sebagian besar kotoran malah akan terdorong masuk ke bagian lebih dalam yakni gendang telinga yang kemudian menumpuk dan membatu. Apalagi kalau jenis kotorannya kering dan keras. “Di sinilah seseorang akan mendapat masalah karena bagian dalam telinga terasa gatal. Kalau dikorek-korek sendiri, dengan korek kuping misalnya, bisa mengakibatkan luka kulit atau gendang telinga, kulit gatal mirip eksim atau bahkan terjadi infeksi sampai bernanah (otitis media) alias congek”, tambah dr. Hadjar. Kasus gangguan telinga pada balita lantaran cara membersihkan telinga yang salah ini cukup banyak terjadi di Indonesia. Infeksi ini sering menimbulkan demam.

Kalau diketahui ada kotoran yang telah mengeras di dekat gendang telinga, harus segera diperiksakan ke dokter ahli THT. Biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga (karbol gliserin 10%) untuk memecahkan kotoran tersebut. Kotoran yang sudah pecah disemprot atau dikorek keluar. Infeksi yang barangkali timbul lantaran iritasi kotoran itu diatasi dengan pemberian obat antibiotika. Di samping bisa mengakibatkan infeksi, kotoran membatu tadi akan menyebabkan telinga terasa sakit atau agak tuli sehabis berenang. Sebab air yang masuk akan terhalang keluar. Bahkan, kalau lubang telinga yang tersumbat hanya sebelah, bisa mengakibatkan pusing atau vertigo (berputar), terutama bila Anda berenang di air dingin. __________________

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Your website is really inspiring for me to achieve success, keep the spirit.
Otopain Obat Tetes Untuk Telinga

liga pelangi mengatakan...

Artikel yang Menarik Gan
Mohon Izin Comment ya ^^

Klik LIGA PELANGI

Join LigaPelangi ! klik link di bawah ini
BONUS DEPOSIT HARIAN 10% + CASHBACK SPORT S/D 15% + REFFERAL SPORT 2.5% dan Promo harian menarik lainnya ya^^

DEPOSIT VIA PULSA
- TELKOMSEL : 0,85% atau 15%
- Xl

COSTUMER SERVICE :
- LIVE CHAT 24 JAM ONLINE
- WA : +85515982617

Klik Prediksi Bola

Klik Situs Resmi Bolajalan

Klik Bola Online

Ayo bosku segera daftarkan diri anda dan raih hoki bersama kami ya^^