Kamis, 03 Juli 2008

cerita gw di ascott

gw mo crita tentang interview gw kemaren..
gw berangkat dari rumah jam 11 an, naek taksi dari depan batavia, purposena supaya masi keliatan seger nyampe sana, btw gw nyampe 11.30, wedeh..cepet banget..gw interview jam 2 siang, daripada bego nunggu, gw ke ITC permata hijau, numpang ngadem sambil makan siang..ternyata Somerset Permata Berlian tempat gw interview di depannya ITC..hehehe..jam 1 an bis keliling2 ITC gw ke sono..
then,bis nyebrang halte busway, gw bingung mo masuknya, tu tempat di belakang Belleze shopping arcade, gw tanya securiti yang lagi ngatur mobil masuk..
" pak numpang nanya, kalo mo ke somerset masuk lewat mana? "
securitina" lewat sini aja pak, langsung ke belakang aja, nanti ada bedeng dari seng masuk, trus ke kanan lurus ke kiri keluar dah nyampe".
gw" makasih pak"
gw menyusuri komplek jalan, jahanamnya panas jakarta akhirnya gw rasain.
gw temuin bedengya..busett..ternyata jalan yang diarahin tu securiti lewatin proyek pembangunan, mampus...gw jalan melompati beberapa material buat pembangunan tu gedung, entah berapa puluh pasang mata ngliatin gw
, mungkin mereka berpikir sapa ni orang masuk ke area kita pake baju rapi..hehehhe..gw nunduk aja sambil memercepat jalan..di pintu keluar ada 3 securiti bengong ngliatin gw keluar dari dalam proyek...waktu dah keluar gw liatin ada plang bertuliskan tamu harap lapor, maaf ada pembangunan gedung...pantes tu securiti ngliatin gw kayak maling..hehhehe...
then gw nyampe tempatnya, sambil nunggu gw rapiin diri di toilet, gw pake dasi n merapikan rambut yang terkena angin hehehe...
gw balik ke tempat gw nunggu..ada mbak2 yang ngasi gw formulir buat application..gw isi..bis itu di panggil masuk..semacam ruang meeting kalo ga salah..interview started at 2.09 pm
interviewer " good afternoon tyo, sory for waiting to loong..ok tell me about yourself.."
bla..bla..bla...bla...
interviewer " what do you know about ascott and somerset ?" mampus gw..kenapa gw ga cari info dulu sebelum ke sini..
sok pede gw bilang " well, ascott jakarta and somerset was merger since this year, february if i'm not mistaken, ascott known as company that manage luxurius residences, somerset including the property under ascott..." (ngomong apaan gw..) si interviewer senyum...bodo ah..
interviewer " why you got interest to join us?"
bla..bla...bla..bla...
interviewer " tell me about your weakness!"
bla..bla..bla..
interviewer " what are the job desk and and responsibilities of guest service agent ?
bla..bla..bla...
interviewer " ok, here a case, the guest complaint the lamp on his room was broken, then he call you, what will you do to solve this problem? "
bla..bla..bla...
interviewer " the last from me, how much salary you expect from us? "
karena dah konsultasi ma penasehat gw..i said like this " uhm..sir, this is my current salary, #$#%@@, for the rest i think i will follow your consideration, but the most important for me, it can covered my living cost if i accepted here" sok banget gw yak..hehehe

interviewer " iya kamu mo nya berapa? menurut kamu living costnya berapa?" ganti pake bahas indonesia neh hehehe...
gw " saya ga tau pak,bapak sudah tau gaji saya berapa, saya akan ikuti kebijakan bapak"
interviewer " ok then, just wait here, the Director of HRD will interview you...thanks for coming..good luck.."

fiuhh...gw bengong...mudah2an gw ga di terima aja..pikiran gw tiba2 menolak kalo seandainya di terima..

after few minutes...tok tok..yaelah pake ngetok lagi..
" halo selamat siang, saya Agus..maaf kalo menunggu lama, saya HRD di sini, kita akan ngobrol-ngobrol ya.."
gw cuman mengangguk...
" saya panggil kamu apa neh?"
"tyo aja pak"
"ok, sebelumnya kamu tau darimana lowongan ini? saya ga mau wasting time kalo kamu ga ngerasa nglamar, soalnya saya pernah panggil candidates ternyata di ngerasa ga pernah ngelamar ke sini..kalo iya stop aja"
bla.bla..bla..
"ok, saya ingin mendengar kemampuan kamu berbahasa inggris..tell me about your self, your family and your current job!"
bla..bla..bla..
bapaknya ngejelasin panjang lebar tentang sistem kerja, gw di offer sebagai permanent employee..sistem gaji, bonus, dkk...
" apa yang kamu tau tentang tugas guest service agent, ato customer service ato guest relation officer, ato front desk agent whatever people say..."
bla..bla..bla..
then topik di luar dugaan gw.." kamu kristen? " ( kiamat neh, bawa2 SARA )
" kamu gerejana mana? aktif ga di gereja? kegiatan apa aja yang kamu ikuti? kamu ga tertarik menjadi pendeta, " gw bengong beberapa saat
ini adalah kali ketiga gw di interview yang nanyain tentang agama gw..
" kamu asli mana? gerejanya apa? waktu di gereja kamu di asal kamu kamu pernah terlibat pelayanan ga? " wezz...tambah detail
HRD " kalo saya gerejanya di ******"..hehehe..mudah2an segera berakhir..gw ga suka topik ini..walaupun seagama tapi it's not necessary matter to discuss further..
" orang tua kamu gerejanya apa? kakak kamu? " mati gw masi lanjut..
bla..bla..bla....
then.." tamu AC n lampunya rusak? bisa ga dia telp langsung ke engineering? "
bla..bla..
" setelah enginering datang? selesai tugas kamu?"
bla..bla..bla..
"setelah ac n lampu jalan dah selesai ?'
" belum pak, kita harus tanya ke tamu apakah dia sudah puas dengan service kita, dan ada masalah lagi gak, setelah gak ada dan dia puas baru kita selesai"
kemudian masalah gaji lagi...gw bilang terserah bapak...bapaknya bilang kita ga mau ambil kucing dalam karung..kamu nanya aja biar kamu sreg ama kita...( dalam hati gw sapa juga mo kerja dalam karung)
bapaknya menjelaskan property ascott di seluruh dunia, ada 19.000 di seluruh dunia, bentar lagi depan ambasador mall akan di bangun somerset kuningan, satu ascott di bangun satu somerset juga di bangun...
"kamu tau ga sapa yang punya somerstet?"
" enggak pak" meneketehe menekunjahe...
" pernah denger masalah indosat?"
" indosat mo dibeli temasek ya pak,?"
"kamu tau temasek tu apa?"
"enggak pak" bego banget gw
" temasek itu pemilik somerset dan BUMN singapore?"
" trus pak? " silly question, isn' it?
" jadi di sini memakai sistem singapore, semua serba cepat, kerja harus smart n cekatan, trus kita ga mungkin bangkrut, sumber modal mengalir terus..bla..bla.."
gw mengangguk2 kayak murid dengerin guru mengajar...
then, minggu depan misalnya di terima, bisa join ga?
waduh, gw ngeles bla..bla..bla...(secara gw males di terima, coz shitf time..i'm sick if hear shift time...)
" kamu yakin, saya banyak juga kandidat yang mau masuk..."
"saya usahakan pak.."
" dari 1-10, mana nilai yang menunjukkan kejujuran kamu?"
" 10 pak" pede banget gw yak.....
"then...ok kalo dalam sepuluh hari saya ga telp..means you failed..saya akan telp untuk kasi tau gaji kamu kalo di terima di sini berapa..ok deal ?"
"ok pak"
gw dah berdiri ambil tas mo pulang.." eh kamu mau ke mana? masi ada satu lagi, FOM ( front office manager) mo interview kamu...kami sangat menghargai anda sudah meluangkan waktu untuk datang, makanya semua orang terkait dengan posisi yang kamu lamar akan interview kamu dalam satu hari..."
gw duduk lagi...5 minutes...10 minutes..gw duduk sambil liat2 atap, lampu di ruangan jangan2 ini ada hidden camera (parno, kebanyakan nonton film fiksi)
masuklah FOM...
" how do i call you? "
" just call me tyo sir"
" how old you"
bla..bla..
rata2 pertanyaan ampir sama kayak yang sebleumnya..
" can you describe briefly how to calcute room occupancy? daily, weekly, monthly and yearly?
bla..bla..sempet kebalik gw jawab rumusnya hehehe
" how about average room occupied? "
mampus...gw senyum doank.." sory sir i forget about it"
bapaknya senyum2...
" have you ever complained by guest? "
bla..bla...
" case, the guest doesn't want to pay room charge and he insist to leave right now, pretending i'm as the guest and you are the guest service agent..what will you do? "
bla..bla..." sory sir, this is your bill, as the house rule stated, you must pay first before you leave our residence..you were signed the form before you stay with us, meaning you agree to pay all cost during your stay here"
" i do not have time! my car waiting on lobby, you know who i am? just send the invoice to my boss!"
"wait for a moment sir, here i will call my manajer, he has more authority to decide..the best solution will deliver to you."
" i don't have moment!"
" ok sir, if you want leave right now, i will bring this case to police,it being crime matter..up to you sir"
bapaknya diam, ngliatin gw (mampus gw asal njeplak lagi)
trus senyum..bagus..katanya (fiuh lega gw) walaupun gw berharap gw gak diterima, paling gak gw gak malu2in kampus tercinta gw hehehe...
" what date you will be able to join"
bla..bla...
ok...nanti kita rapat bertiga 3, ma yang dah interview kamu...mudah2an kita berjodoh...

well.. menurut lo2 semua gw di terima kagak? mudah2an gak..

1 komentar:

Unknown mengatakan...

man, gw seneng baca narasi lo, kalo gw jadi managernya, gw bakal berani gaji lo gede man.........hahahahah